4 Sikap Mental Terhadap Sugesti Hipnotis

Salah satu alasan mengapa seseorang gagal melakukan sugesti yang diberikan adalah karena dia salah dalam memilih 1 dari 4 sikap mental terhadap sugesti hipnotis. Hipnosis adalah suatu kondisi dimana critical area seseorang terbuka sehingga dia dapat menerima ide/sugesti yang diberikan. Sugesti dapat diterima oleh subject / klien jika dia menyetujui/mengijinkannya. Hal ini menunjukkan bahwa dalam kondisi hipnosis, seseorang tidak tertidur atau menjadi tidak sadar. Justru sebaliknya, dalam kondisi hipnosis seseorang tetap sadar bahkan sangat waspada. Ketika seseorang berada dalam kondisi hipnosis dan mendengar suatu sugesti dia akan menanggapi dengan salah satu dari 4 sikap mental terhadap sugesti itu. Sikap mental yang dipilihnya akan menentukan apakah sugesti tersebut akan diterima atau ditolak. Jika sugesti tersebut diterima dan diijinkan untuk masuk ke pikiran bawah sadar Anda, maka Anda akan melakukan sugesti tersebut. Jika sugesti tersebut ditolak maka tidak akan terjadi perubahan apapun. Anda tidak punya pilihan selain memilih salah satu dari 4 keputusan/sikap mental itu. Apa saja 4 sikap mental terhadap sugesti hipnotis yang bisa dipilih itu?

  1. Sikap Mental #1 :
    Rasanya koq agak kurang nyaman untuk saya, sugesti ini tidak cocok untuk saya.
    Ketika Anda menerima sugesti dan merasa bahwa sugesti tersebut tidak cocok untuk Anda, atau berlawanan dengan belief system / keyakinan atau moralitas Anda maka sugesti tersebut akan terblokir dan ditolak untuk masuk ke pikiran bawah sadar Anda. Bahkan jika bagi Anda sugesti tersebut kedengarannya membuat anda merasa kurang nyaman walau hanya sedikit saja, sugesti tidak akan dilakukan. Nah dari sini Anda sudah dapat melihat bahwa ternyata subject atau klien sesungguhnya adalah orang yang memegang peranan besar terhadap suatu sugesti, bukan sang hypnotist atau hipnoterapis. Tentu saja jika konteksnya adalah untuk terapi, orang yang memilih sikap mental ini tentu tidak akan mendapatkan manfaat dari sesi hipnoterapi yang dijalani karena dia menolak sugesti yang diberikan. Ini bisa terjadi ketika seseorang data untuk menjalani sesi hipnoterapi atas desakan/dorongan pihak lain dan bukan karena keinginan/kesadaran sendiri.
  2. Sikap Mental #2 :
    Saya netral terhadap sugesti ini, saya tidak peduli berhasil atau tidak.
    Sikap mental seperti ini juga akan mengakibatkan sugesti ditolak untuk masuk ke dalam pikiran bawah sadar Anda.
  3. Sikap Mental #3 :
    Saya suka sugesti ini, saya akan COBA. Saya HARAP ini dapat bekerja untuk saya.
    Nah kemungkinan ini adalah sikap mental terhadap sugesti hipnotis yang menyebabkan banyak orang gagal dalam menerima sugesti hipnotis. Mengapa sikap mental ke-3 ini bisa menyebabkan kegagalan dan sugesti ditolak? Perhatikan bahwa kata HARAP dan COBA adalah kata yang sering kali bermakna kegagalan. Coba Anda jujur kepada diri sendiri, berapa sering Anda menggunakan kata coba dan ternyata Anda gagal melaksanakannya? Misal: Saya akan coba berolahraga secara teratur… saya akan coba berhenti merokok, dll. Nah, kata harap juga sama efeknya dgn kata coba. Jika anda mengharapkan untuk berhenti merokok, bukan berarti Anda langsung berhenti saat itu khan? Jika Anda mengatakan coba atau harap terhadap sugesti, maka sugesti tersebut akan terblokir di pikiran sadar Anda sehingga tidak terjadi perubahan apapun juga.
  4. Sikap Mental #4 :
    Saya suka sugesti ini. Saya tahu ini akan bekerja untuk saya.
    Inilah sikap mental yang benar dan terbaik saat Anda menerima sugesti hipnotis. Dengan sikap mental seperti ini maka sugesti tersebut akan diijinkan masuk dan diterima oleh pikiran bawah sadar Anda. Jika Anda memutuskan untuk menjalani sesi hipnoterapi, pastikan Anda memiliki sikap mental ini untuk kebaikan diri Anda dan mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

Hipnosis adalah Self-Hypnosis

Dari penjelasan tentang sikap mental terhadap sugesti hipnotis ini, Anda tentunya menjadi lebih memahami bahwa sesungguhnya hipnosis adalah self hypnosis. Artinya Anda yang menghipnotis diri Anda sendiri ketika Anda memilih untuk mengijinkan suatu ide/sugesti masuk ke pikiran bawah sadar Anda. Anda tidak membutuhkan orang lain untuk bisa masuk ke dalam kondisi hypnosis state yang dalam dan nyaman. Anda juga tidak membutuhkan orang lain untuk memberikan sugesti positif yang bermanfaat bagi kehidupan Anda. Jadi alasan mengapa Anda menghubungi kami untuk mendapatkan layanan hipnoterapi adalah karena Anda tidak tahu caranya mensugesti diri Anda sendiri! Dan kami selalu mengajarkannya kepada klien-klien kami.

Ketika Anda mengijinkan kami menjadi guide, kami akan menuntun dan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara menempatkan diri Anda pada kondisi tidur hipnosis yang sangat dalam dan nyaman. Kami akan menunjukkan bagaimana agar tetap dalam kondisi tersebut sampai proses terapi selesai. Dan jika Anda tidak menghendaki untuk tetap berada dalam kondisi relaksasi yang indah dan nyaman tersebut, Anda dapat mengakhirinya kapan saja dan kembali ke kondisi kesadaran normal Anda. Tetapi jika Anda mengikuti panduan kami, kami akan membimbing Anda untuk tetap berada dalam kondisi relaksasi tersebut. Dan hal yang paling penting adalah ketika Anda menerima sugesti dengan memilih opsi ke-4 dari sikap mental terhadap hipnotis, bahwa Anda menyukainya, Anda tahu bahwa sugesti ini akan bekerja untuk Anda, maka Anda akan mendapatkan perubahan seperti yang Anda inginkan. Jika Anda memilih sikap mental 1-3 Anda akan gagal. Kami tidak dapat memaksakan sugesti ke dalam pikiran Anda. HANYA ANDA YANG DAPAT MENGIJINKAN hal itu terjadi!.

Jika Anda menderita psikosomatis, memiliki problem mental dan emosional, dan sedang mencari klinik hipnoterapi serta membutuhkan layanan hipnoterapi… pastikan anda memiliki sikap mental terhadap sugesti hipnotis yang tepat lalu segera hubungi kami untuk mendapatkan jadwal terapi yang sesuai untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *