5 Cara Bypass Critical Factor Untuk Memprogram Pikiran Bawah Sadar

Jika Anda ingin memprogram pikiran bawah sadar untuk menerima informasi / sugesti yang diberikan, maka anda perlu menembus atau bypass critical factor. Inilah sebabnya mengapa terapi konvensional sering kali membutuhkan waktu lebih lama untuk menghasilkan perubahan dibandingkan dengan hipnoterapi. Umumnya terapi konvensional hanya bermain di level pikiran sadar seseorang saja, sedangkan memori, emosi, kepribadian, belief dan value seseorang ada di pikiran bawah sadar. Untuk dapat menghasilkan perubahan misal dalam mengubah kebiasaan buruk atau motivasi diri maka sugesti harus dapat menjangkau pikiran bawah sadar. Tentunya Anda sekarang semakin penasaran bagaimana caranya agar suatu ide atau informasi tertentu dapat mem-bypass critical factor seseorang sehingga dapat mengubah kebiasaan atau perilaku seseorang ?

Cara Memprogram Pikiran Bawah Sadar

Menurut Charles Tebbetts, ada 5 cara bypass critical factor untuk menembus pikiran bawah sadar seseorang. Charles Tebbetts adalah tokoh hipnoterapi yang mengajarkan bahwa semua hipnosis adalah self-hypnosis. Charles Tebbetts menyebut cara bypass critical factor ini sebagai “five principles of convincing the subconscious”.

  1. Repetition (pengulangan / repetisi)
    Meskipun berjalan lambat dan perlu waktu, tetapi ketika suatu ide atau informasi disampaikan secara berulang-ulang dan konsisten maka ide atau informasi tersebut akan masuk ke pikiran bawah sadar seseorang dan menjadi kebiasaan / keyakinan. Ini yang sering dilakukan oleh seseorang saat melakukan afirmasi. Pengulangan yang dilakukan dalam afirmasi atau pemberian sugesti bertujuan untuk membuat bosan critical factor sehingga informasi dapat tembus ke pikiran bawah sadar seseorang.  Motivator nomor 1 dunia Anthony Robbins mengatakan bahwa “Repetition is the mother of skill”Repetition is mother of skill - Tony Robbins
  2. Authority (ide yang disampaikan oleh figur yang dipandang memiliki otoritas)
    Ide atau informasi yang berasal dari figur yang dipandang memiliki otoritas dapat diterima dengan mudah oleh pikiran bawah sadar seseorang. Kata-kata yang disampaikan oleh figur yang dipandang memiliki otoritas tersebut langsung mem-bypass critical factor orang yang mendengarnya dan tembus ke bawah sadar. Kata kuncinya disini adalah “dipandang”. Figur otoritas berbeda-beda menurut pandangan atau anggapan masing-masing orang. Contoh figur otoritas : orang tua, guru, tokoh agama, pemimpin, orang yang dianggap pakar.
  3. Desire for identity, or identification (identifikasi kelompok/keluarga)
    Ketika kita berada dalam suatu kelompok atau keluarga tertentu maka nilai-nilai kehidupan atau belief system mereka akan dengan mudah diterima oleh pikiran bawah sadar tanpa ditawar atau dikritisi. Contohnya adalah cara berbicara, cara berpakaian, cara makan, dan lain-lain.
  4. Emotion (emosi yang intens)
    Peristiwa yang kita alami, jika disertai dengan emosi yang intensitasnya tinggi, baik positif maupun negatif, dapat mem-bypass critical factor dan tembus ke pikiran bawah sadar. Salah
  5. Hypnosis/self hypnosis
    Untuk memprogram pikiran bawah sadar dengan cara bypass critical factor maka hipnotis adalah cara yang paling cepat dan efektif. Jika dilakukan dengan cara yang tepat, induksi hipnosis mampu menonaktifkan / bypass critical factor sehingga setiap sugesti positif yang diberikan dapat diterima oleh pikiran bawah sadar dengan kekuatan sembilan kali lebih kuat dari kondisi biasa. Ibarat komputer, sugesti hipnotis yang diberikan untuk memprogram pikiran bawah sadar memungkinkan kita untuk men-deaktivasi program, memodifikasi dan meng-install program baru dengan cepat. Proses memprogram pikiran bawah sadar dengan cara hipnosis ini berlangsung cepat dan efektif karena sugesti yang diberikan tidak dianalisa / dikritisi oleh critical factor. Anda dapat memprogram pikiran bawah sadar anda sendiri dengan melakukan self hypnosis atau dengan bantuan hipnoterapis melalui sesi hipnoterapi. Jika Anda penasaran dan ingin mempelajari cara menghipnotis orang dan ingin bisa melakukan hipnoterapi, ikuti pelatihan hipnoterapi yang diadakan oleh Stefanus School of Hypnotism.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *