fbpx
Manfaat Belajar Hipnotis | SMS/WA: 0877 737 5900 Untuk Ikut Pelatihan

Manfaat Belajar Hipnotis | SMS/WA: 0877 737 5900 Untuk Ikut Pelatihan

Apa saja manfaat belajar hipnotis? … pertanyaan itu mungkin terlintas di pikiran Anda ketika ingin belajar hipnotis. Ya, sebelum Anda memutuskan untuk mengikuti pelatihan hipnoterapi, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu mengenai apa itu hipnosis/hipnotis/hipnoterapi. Setelah Anda memahaminya, tentunya Anda dapat menemukan apa manfaat belajar hipnotis untuk diri Anda sendiri serta manfaat bagi orang lain yang Anda bantu ketika Anda memutuskan untuk menjadi seorang hipnoterapis profesional.

Apa itu Hipnosis ?

Hipnosis adalah penembusan faktor kritis pikiran sadar diikuti dengan diterimanya suatu pemikiran atau sugesti. Itulah definisi hipnosis menurut U.S. Departement of Education, Human Services Division, yang saat ini paling banyak digunakan dan diterima oleh masyarakat dan praktisi hipnoterapi.

Hypnosis is the bypass of the critical factor of the conscious mind followed by the establishment of acceptable selective thinking.

Selain definisi tersebut, masih ada beragam pendapat yang berkembang mengenai apa itu hipnosis, antara lain :

  • Hipnosis adalah suatu kondisi kesadaran yang meningkat
  • Hipnosis adalah teknik untuk mempengaruhi orang lain dengan cara membawanya masuk dalam kondisi trance
  • Hipnosis adalah seni komunikasi untuk mempengaruhi seseorang sehingga mempengaruhi tingkat kesadarannya, yang diraih dengan cara menurunkan frekuensi gelombang otaknya dari beta menuju gelombang alfa dan theta.
  • Hipnosis adalah kondisi menyerupai tidur yang dapat dilakukan dengan sengaja kepada seseorang, sehingga orang tersebut mampu menerima sugesti yang diberikan maupun menjawab pertanyaan yang diajukan.
  • Hipnosis adalah teknik komunikasi untuk mengeksplorasi alam pikiran bawah sadar seseorang
  • Hipnosis adalah suatu kondisi dimana seseorang menjadi sangat fokus atau perhatiannya sangat terpusat sehingga tingkat sugestibilitasnya (kemampuan menerima sugesti/saran) meningkat dengan pesat.

Sejarah Hipnosis

manfaat belajar hipnotis dapat dirasakan berkat jasa James BraidIstilah hipnosis itu sendiri pertama kali diperkenalkan oleh James Braid pada tahun 1843 melalui tulisannya yang berjudul  “Neurypnology or The Rationale of Nervous Sleep Considered In Relation With Animal Magnetism”. Braid menyimpulkan bahwa fenomena yang dialami pasien dalam proses magnetisme adalah fenomena tidurnya syaraf yang disebutnya sebagai hypnotism. Kata hypnotism ini diambil dari hypnos yang merupakan nama Dewa Tidur Yunani. Braid menganggap bahwa hipnotisme adalah suatu kondisi pikiran (state of mind) dari subyek, bukan teknik yang diaplikasikan oleh operator.

Selain memperkenalkan istilah hipnosis, James Braid bekerja sama dengan Profesor William Benyamin Carpenter menemukan teori sugesti ideo-motor reflex. Pada tahun 1847 Braid menemukan bahwa ternyata fenomena utama dalam hipnotisme seperti kondisi anastesia, katalepsi dan amnesia dapat diinduksikan kepada subyek “tanpa tidur” (waking hypnosis). Berdasarkan temuannya tersebut, James Braid sadar bahwa istilah hypnosis yang dipakainya kurang tepat. Namun karena sudah populer dan tersebar luas, upaya James Braid mengganti istilah hypnosis menjadi monoideism tidak terlaksana dan istilah hipnosis tetap digunakan hingga saat ini. James Braid kemudian populer sebagai Bapak Hipnotisme Modern. Hipnotisme terus berkembang, hingga pada tahun 1951 lahirlah organisasi hipnotis profesional pertama yang bernama National Guild of Hypnotist (NGH). Selanjutnya pada tahun 1955 British Medical Association mengesahkan hypnosis sebagai valid medical treatment, disusul oleh American Medical Association yang mensupport hypnotherapy untuk keperluan medis pada tahun 1958. Perkembangan hipnotisme modern diwarnai dengan kehadiran tokoh-tokoh hipnoterapi seperti :

  • Milton Hyland Erickson (pendiri American Society for Clinical Hypnosis),
  • Dave Elman (teknik induksinya sangat populer yaitu “Dave Elman Induction”),
  • Dr. John Kappas (mengidentifikasi 3 tipe sugestibilitas (sugestibilitas fisik, emosional dan intelektual)
  • Charles Tebbets
  • Ormond Mc Gill (dikenal sebagai “Dean of American Hypnotist”, menulis buku yang sangat terkenal dan menjadi panduan bagi banyak praktisi hypnosis yaitu “New Encyclopedia of Stage Hypnosis”)

Manfaat Belajar Hipnotis

Untuk mengetahui apa saja manfaat belajar hipnotis, kita dapat melihatnya dari berbagai sudut pandang, antara lain berdasarkan bidang aplikasinya (jenis-jenis hipnosis) , penggunanya (praktisi penjualan dan pemasaran seperti agen asuransi, pelaku direct selling atau Multi Level Marketing, tenaga medis seperti dokter, perawat, bidan, guru, pelajar, ibu hamil, atlet,dll).

Berdasarkan bidang aplikasinya (jenis-jenis hipnosis) :

  1. Stage Hypnosis
    Stage Hypnosis adalah jenis hipnosis yang digunakan untuk kepentingan hiburan dan dikenal juga sebagai comedy hypnosis. Contoh stage hypnosis adalah pertunjukan yang ditampilkan di televisi dan dilakukan oleh Rommy Rafael atau Ferdian (alumni IBH).
  2. Forensic Hypnosis
    Forensic hypnosis adalah hipnosis yang digunakan sebagai alat bantu dalam suatu proses penyidikan atau investigasi melalui penggalian informasi di pikiran bawah sadar saksi atau korban.
  3. Clinical Hypnosis
    Clinical hypnosis atau dikenal sebagai hipnoterapi adalah aplikasi hipnosis untuk mengatasi masalah mental dan emosional. Problem yang dapat ditangani menggunakan hipnoterapi antara lain psikosomatis, trauma, phobia, stress, depresi, kecemasan, penyimpangan perilaku, motivasi, pengembangan diri, dll.
  4. Anodyne Awareness
    Anodyne awareness yaitu penggunaan hipnosis untuk mengurangi rasa sakit fisik.
  5. Metaphysical Hypnosis
    Metaphysical hypnosis adalah penggunaan hipnosis dalam meneliti fenomena metafisik. Jenis hipnosis ini bersifat eksperimental.

Berdasarkan penggunanya :

Di samping manfaat hipnotis berdasarkan jenisnya yang sudah dibahas di atas, manfaat hipnotis juga dapat dirasakan secara khusus oleh orang-orang yang menggunakannya, antara lain :

Manfaat belajar hipnotis untuk Multi Level Marketing / Direct Selling / Agen Asuransi dan Properti

Para agen pemasaran dan tenaga penjual dapat memanfaatkan hipnosis dalam 2 hal yaitu pertama untuk self-improvement bagi dirinya sendiri dan kedua untuk menghipnotis (mempengaruhi) orang lain agar percaya kepada si penjual dan produk yang ditawarkan. Dalam hal self-improvement, hipnosis dapat dimanfaatkan untuk memotivasi diri sendiri (self-motivating), membentuk positive self image dan positive belief system, meningkatkan percaya diri saat presentasi,  keyakinan akan pencapaian goal, meningkatkan antusiame, state management (mampu mengelola kondisi mental dan pikirannya agar tetap positif ketika menghadapi penolakan, penghinaan/pelecehan, member jaringan hilang). Untuk mempengaruhi orang lain (customer), seorang sales dapat menggunakan teknik sugesti menggunakan pola-pola bahasa tertentu (hypnotic language patern) untuk mengakses pikiran bawah sadar klien dan mempengaruhinya untuk tujuan tertentu (misal membeli produk yang ditawarkan). Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan pola bahasa hipnotis untuk menjalin hubungan baik dengan mitra (upline/downline) dan prospek serta customer melalui teknik building rapport. Pola bahasa hipnotis ini juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan persuasion skill dan handling objection.

Manfaat belajar hipnotis bagi tenaga medis (dokter, perawat, bidan)

Dokter, perawat dan bidan dapat memanfaatkan teknik hipnoterapi untuk membantu pasien-pasiennya, antara lain:

  • untuk pain management,
  • mensugesti ibu hamil agar dapat menjalani proses melahirkan tanpa rasa sakit (painless childbirth)
  • mengatasi psikosomatis
  • membuat rileks anak-anak dalam proses sirkumsisi (sunat)

Manfaat belajar hipnotis bagi orangtua

Jika Anda memiliki anak yang masih kecil maupun remaja, Anda dapat menggunakan hipnosis dalam proses parenting. Pemahaman tentang cara kerja pikiran, dan cara mengakses pikiran bawah sadar yang dipelajari dalam workshop hipnoterapi akan sangat bermanfaat dalam proses komunikasi orangtua kepada anak. Sugesti hipnosis dapat digunakan untuk mengubah kebiasaan buruk anak (mengompol, gigit kuku, main game/kecanduan gadget, dll), mengontrol emosi, meningkatkan daya ingat/kemampuan menghafal, meningkatkan rasa percaya diri anak dan konsentrasi belajar. Orangtua sebagai figur otoritas di mata anak dapat memberikan sugesti melalui teknik indirect communication atau waking hypnosis (hipnotis dalam kondisi mata terbuka “tanpa tidur”) atau menggunakan teknik hypnosleep. Anda juga dapat mengajarkan teknik self-hypnosis kepada anak Anda agar mampu memerikan sugesti positif pada diri sendiri.

Manfaat belajar hipnotis bagi diri sendiri

Hipnoterapi dapat Anda gunakan untuk menghilangkan kebiasaan buruk Anda seperti kecanduan alkohol, susah tidur/insomnia, kecemasan, ingin berhenti merokok, dll. Dengan belajar hipnosis Anda juga dapat memprogram ulang pikiran bawah sadar yang tersabotase oleh mental block atau limiting belief seperti kebiasaan menunda, takut bicara di depan umum, phobia sosial, selalu kuatir terhadap apa yang dipikirkan orang lain sehingga Anda takut untuk take action, dll. Hipnosis juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan komunikasi persuasif untuk mempengaruhi dan membujuk lawan bicara sehingga mereka nyaman dengan kita dan mudah menerima ide/penawaran kita. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi Anda pribadi, apapun profesi Anda (dosen, guru, pengacara, politikus, pimpinan perusahaan, manajer, staff marketing/sales, hrd, dll). Belajar hipnotis juga membuka peluang karier baru bagi Anda untuk menjadi seorang hipnoterapis dengan income antara 300ribu – 2juta per sesi terapi, menjadi trainer/motivator, atau berprofesi sebagai stage hypnotist seperti Rommy Rafael.

Nah, menurut Anda apakah hipnotis ini bisa benar-benar dimanfaatkan untuk kepentingan Anda dan dalam pengembangan bisnis Anda?

Tentu bisa! Gunakanlah hipnosis untuk menghipnotis diri Anda sendiri dan memprogram pikiran bawah sadar Anda. Gunakan hipnosis untuk meningkatkan kinerja team Anda dan membantu orang yang membutuhkannya.

Jika Anda ingin menguasai teknik hipnotis ini, ikuti pelatihannya yang diselenggarakan oleh Stefanus School of Hypnotism.

 

 

Leave a Reply

Call Now ButtonCall NOW