fbpx
Mengatasi Psikosomatis dengan Hipnoterapi

Mengatasi Psikosomatis dengan Hipnoterapi

Apakah Psikosomatis itu?

Mengatasi psikosomatis dengan hipnoterapiPernahkah anda merasakan sakit pada suatu bagian tubuh atau pegal – pegal lalu kemudian setelah anda periksakan ke dokter ternyata hasilnya negatif? Bahwa ternyata anda tidak mengidap penyakit apapun namun anda merasakan sakit secara fisik. Guna – guna atau santet kah? Tidak perlu berpikiran terlalu jauh, kemungkinan masalah anda terletak pada kondisi emosional dan mental anda. gangguan emosional yang mungkin anda alami dapat menyebabkan anda merasakan sakit, bahkan secara fisik.
Psikosomatis ialah rasa sakit yang dirasakan secara fisik yang penyebab sebenarnya adalah kondisi emosional dan pikiran yang dialami seseorang (Wikipedia). 80% dari rasa sakit yang dialami sebenarnya hanyalah gangguan pada perasaan dan pikiran seseorang. Seseorang yang menderita psikosomatis biasanya akan kesulitan untuk mendeskripsikan rasa sakitnya dan menunjukkan secara pasti letak rasa sakitnya. Penderita psikosomatis hanya tahu bahwa ia merasakan sakit di suatu bagian dari tubuh itu saja. Psikosomatik, tidak ada hubungannya dengan hal – hal klenik, namun karena ada permasalahan pada pikirannya. Karena pada dasarnya, rasa sakit apapun yang dirasakan oleh tubuh hanyalah proyeksi dari otak atas rangsangan yang diterimanya. Rasa sakit karena apapun itu, entah karena luka, atau karena patah, panas dan sebagainya diterima dan direspon oleh otak yang kemudian diterjemahkan menjadi rasa sakit untuk memberitahukan bahwa tubuh mengalami gangguan. Namun pada penderita psikosomatis, otak si penderita bereaksi dan mengatakan bahwa terjadi suatu rasa sakit padahal tidak ada rangsangan secara fisik yang terjadi. Seperti ketika saat seseorang merasa patah hati, daerah di sekitar dadanya akan merasa sakit padahal tidak ada luka maupun gangguan pada daerah tubuh sekitar itu.

Penyebab Psikosomatis

Psikosomatik biasanya bisa terjadi karena seseorang mengalami stress yang menyebabkan otak menejemahkan stress tersebut sebagai rangsangan atas rasa sakit. Orang – orang yang terkena depresi pun biasanya akan merasakan rasa sakit yang sama tanpa ada gangguan medis yang sebenarnya. Kenyataannya otak adalah yang menjadi pengatur dan indikator persepsi kita dalam kehidupan. Rasa senang, sedih, sakit, enak, nyaman, perih, dan sebagainya adalah hasil kerja dari otak. Jika otak terus menerus menerima sugesti yang negatif dan pola pikir yang terus merasa kecewa dan sedih lama kelamaan akan menerjemahkannnya sebagai gangguan sehingga timbul lah rasa sakit psikosomatis tersebut.
Emosi yang negatif, seperti depresi, kekecewaan, rasa bersalah, maupun penyesalan yang berkepanjangan dapat memicu gejala psikosomatis. Keyakinan dan kepercayaan yang salah dalam pikiran mampu membuat seseorang merasakan emosi negative tersebut. Mintalah bantuan dengan orang terdekat diskusikan dan bagilah perasaan dan kesulitan yang anda alami untuk mendapatkan solusinya. Yakinkanlah diri anda sendiri bahwa suatu kesalahan dan permasalahan adalah bagian dari cerita perjalanan hidup. Hipnotis dapat membantu alam bawah sadar anda untuk mengafirmasi kenyataan yang ada. Membimbing diri anda untuk bisa menerima keadaan yang telah terjadi dan mengantar anda melanjutkan perjalanan hidup anda.

Mengatasi Psikosomatis Dengan Hipnoterapi

 Apakah anda menderita karena psikosomatis dan sudah berupaya untuk mengobatinya dengan berbagai cara dan mengunjungi banyak dokter namun belum ada hasil yang nyata?

Anda dapat menghubungi klinik hipnoterapi kami melalui SMS / WA : 0877 3737 5900 atau menggunakan formulir kontak di website ini untuk booking jadwal terapi di Pusat Hipnoterapi Purwokerto.

Leave a Reply

Call Now ButtonCall NOW